AboeSite

Minggu, 15 November 2009

Cara Mbikin Blog yang Simpel


=BLOG=

Mungkin di antara temen2 banyak yang udah gak asing dengar yang namanya blog, ato mungkin udah pada punya blog..?? Kagak jadi masalah yang penting aku pengen bagi2 ilmu nech, khususnya nyang belum punya blog ato pengen punya tapi gak taw caranya gimana.

Emang Penting....???


Penting banget bro punya blog tu, cos nyang namanya blog bisa jadi media buat promosiin bisnis kita (Yang ngerasa punya bisnis..!!) baik itu yang Online maupun yang Offline. Dan ternyata tingkat keefektivannya bisa sama dengan kalo kita promosi di media TV apalagi nyang udah punya blog yang mapan dengan tingkat traffic yang tinggi.

Are U ready to make your BLOG....???

-------------------------------------------------------------------------------------------------

--LANGKAH PERTAMA--

Ada beberapa media untuk membuat blog gratis, yaitu :
  1. Blogger
  2. Wordpress
  3. Blogsome
  4. Blogdrive
Sebagai ilustrasi saya kasih langkah-langkah yang simpel untuk mbuat blog di Blogger.

  1. Buka situsnya di www.blogger.com trus klik gambar dengan bentuk tanda panah bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
  2. Lengkapi data2 yang diminta seperti e-mail, password, nama tampilan, dan kata verifikasi. jangan lupa juga beri tanda centang pada bagian persyaratan. Lalu klik LANJUTKAN
  3. Beri judul blog yang akan kamu buat ama alamat blog yang diinginkan. Kemudian klik Cek Ketersediaan (untuk mengetahui apakah alamat blogmu tersedia atau nggak. Jika ada pesan"Maaf, alamat blog ini tidak tersedia", so kamu harus buat alamat yang baru). Setelah alamat blogmu sudah tersedia, lalu klik LANJUTKAN.
  4. Selanjutnya, kamu bisa milih template atau model layout yang bakalan kamu pakai sesuai selera kamu. Setelah selesai mengklik pilihan kamu,lalu klik lagi LANJUTKAN.
  5. Kalau blogmu udah jadi maka bakal ada pesan terakhir yang muncul yaitu " Blog Anda telah diciptakan". Setelah itu kamu bisa mulai ngeblog dengan mengklik MULAI BLOGGING.
Untuk lebih memudahkan kamu dalam registrasi di blogger, aku saranin kamu lebih baik menggunakan e-mail dari google (gmail). Tapi buat yang make e-mail selain gmail, kamu harus melakukan aktivasi dengan ngecek e-mail kamu dan klik link verivikasi.

Gampang toh....!!!

-------------------------------------------------------------------------------------------------

--LANGKAH KEDUA--

Nah, setelah kamu melakukan register di blogger saatnya buat kamu untuk corat-coret tulisan di blog kamu alias POSTING.


  1. klik aza menu Dasbor di kanan pojok atas n kalau udah kamu klik lagi ENTRI BARU.
  2. Taraaa...sekarang isi aza sesuka kamu kayak apa yang udah aku contohin di atas. Di sana juga udah tersedia menu2 penulisan kayak nyang ada di word meskipun minim sich.
  3. Setelah selesai memposting artikel ntu, kamu bisa langsung mempublikasikannya dengan mengklik TERBITKAN ENTRI atau disimpan dulu dengan ngeklik SIMPAN SEBAGAI KONSEP. Atau sebelum kamu ngelakuin itu kamu bisa liat dulu hasil akhirnya dengan ngeklik Pratinjau.
-------------------------------------------------------------------------------------------------

--LANGKAH KETIGA--

Dalam langkah ketiga ini aku bakalan memberi tahu kamu gimana caranya untuk membuat postingan baru di halaman baru. Kadang temen2 yang baru mengenal blogger akan kebingungan untuk membuat posting baru di halaman baru, so postingan baru tersebut yang isinya pasti beda dengan postingan lama yang udah kamu buat bakal menyatu di halaman yang sama. Padahal kita pengen postingn tersebut berada di halaman yang berbeda. Cos itu juga jadi pengalaman aku pas pertama mbuat blog.

Ya Toh....!!!


Tapi inget temen2, kamu harus punya sebuah MENU dulu untuk membuat halaman baru tersebut. Baik dengan cara membuat dropdown menu, link bar,ataupun apalah namane...??? kalo kamu udah punya ato ngerasa punya... okelah aku kasih taw carane.

Siiiaaaap....???
  1. Pertama-tama, yang pasti kamu harus masuk ke Account Blogger kamu.
  2. Buat postingan baru sesuai yang kamu inginkan yang nantinya bakalan di tempatin di halaman baru.
  3. Setelah selesai, klik Opsi Entri dan ubah tanggal dan jam sesuai dengan format yang ada sehingga diset kayak postingan terlama.
  4. Kemudian klik TERBITKAN ENTRI, lalu pilih Edit Entri (pilih yang atas) dan cari postingan yang tadi anda buat. Lalu sorot dan copy linknya.
  5. Selanjutnya kamu masuk pada menu Tata Letak, lalu tempatkan link tersebut ke linkbar yang udah kamu miliki sebelumnya dan sertakan pula judul yang sesuai.
  6. Simpan perubahan dan liatin hasinya.
Itu aza yang bisa aku bagi ke kamu pada artikel ini, moga2 bisa bermanfaat buat kamu.

(Akhirnya selesai juga...!!!)

-------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi : Mesin Uang (Efvy Zamidra Zam, 2008) // themaniax.blogspot.com
-------------------------------------------------------------------------------------------------



0 komentar:

Posting Komentar